Powered by Blogger.
Home » , » Hal Yang Membatalkan Puasa

Hal Yang Membatalkan Puasa

Assalamualaikum wr wb,
Sabtu 22 Agustus 2009, hari ini merupakan kedua kalinya mengikuti shalat Taraweh berjamaah di Mesjid As Siddiq Samarinda. Seperti biasa sebelum Shalat Taraweh dimulai pasti didahului dengan Shalat Isya berjamaah dan ikuti dengan Kultum (Kuliah Tujuh Menit). Nah di Kultum kali ini aku mendapatkan pelajaran yang sangat berharga dan ingin aku share / bagi dengan teman² semuanya.


Kali ini ustadz yang mengisi Kultum mengambil tema tentang Hal-hal yang membatalkan puasa. Dan inti yang bisa saya ambil adalah :
  • Hal - Hal yang membatalkan puasa ada tiga. Yaitu Makan, Minum dan Bersetubuh di siang hari (kalau malam boleh :D ) ;
  • Hal - hal seperti bergosip, cabut gigi dan lain - lain (selain tiga diatas) tidak membatalkan puasa tetapi menggurangi nilai puasa ;
  • Hal ketiga yang saya dapat tidak mengenai puasa tetapi mengenai shalat berjemaah. Kata Ustadznya sih ini pesanan sponsor :D). Untuk kemantaban shalat berjamaah, makmum harus bergerak setelah aba - aba dari Imam. Jadi Makmum bergerak setelah Imam selesai mengucapkan "Allah Akbar" .

okeh deh sekian dulu yang dapat aku bagi, sebelumny minta maaf apabila ada kata - kata diatas yang tidak berkenan dihati teman - teman dan kepada Allah saya memohon ampun.

Wassalam.
Share this on your favourite network

1 comments:

Batu tarigan said...

Salam mejuah-juah. permisi baca..ula lupa link balik turang senina. bujur

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS