Powered by Blogger.
Home » » Om Google Adakan Kontes Ke Bulan

Om Google Adakan Kontes Ke Bulan

Perusahaan mesin pencari Google mengadakan kontes ke bulan yang berhadiah US$ 30 juta. Kontes bernama Moon 2.0 ini dicetuskan untuk mendorong lahirnya industri komersial di ruang angkasa dan penerbangan non-pemerintah yang pertama ke bulan.

Hadiah utama senilai US$ 20 juta akan diberikan kepada perusahaan yang pertama berhasil mendaratkan robot penjelajah di bulan dan mengirimkan foto-foto berukuran besar ke bumi. Kontes ini berlangsung sampai tahun 2012.

Untuk menyediakan hadiah yang terbilang paling besar dalam sebuah kontes ini, Google bekerja sama dengan X Prize Foundation, sebuah institut nonprofit yang berbasis di Santa Monica. Perusahaan ini dikenal juga sebagai penyelenggara Kontes Ansari X, yang mengawali penerbangan ruang angkasa swasta pertama pada tahun 2004.

Pesawat yang akan dikirim ke bulan harus tangguh mendarat dan dilengkapi peralatan berupa video versi High Definition (HD) dan kamera foto. Pesawat itu juga harus mampu menyusuri jalur sepanjang minimal 1.312 kaki di bulan dan mengirimkan foto-foto, panorama dan video jarak dekat ke bumi.

Hasil kiriman pesawat ini nantinya akan disiarkan di situs Google. “Saya harap tim yang sangat ambisius akan membawa kita semua kembali ke bulan secara virtual secepatnya,” kata Larry, salah seorang pendiri Google.

Peserta kontes boleh mendirikan sendiri peluncur ke bulan atau menggunakan jasa perusahaan yang ada. Adapun perusahaan roket Space X sudah menyatakan kesediaannya mensubsidi peluncur bagi yang berminat.

Apabila pada 2012 tidak ada pemenang, maka hadiah akan diturunkan menjadi US$ 15 juta sampai akhir 2014. Selain itu juga ada hadiah kedua sebesar US$ 5 juta dan bonus uang US$ 5 juta untuk tim yang melewati batas minimal persyaratan.

Salah seorang yang sudah menyatakan ketertarikannya adalah ahli robotik dari Universitas Carnegie Mellon, William "Red" Whittaker. Dia sedang mengumpulkan tim untuk membangun sebuah Lunar Rover (penjelajah bulan).
Share this on your favourite network

0 comments:

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS